Wednesday, January 9, 2013

Soal+Jawaban UAS Sistem Informasi 2011 TI UMS



1.  Etika dalam Sistem Informasi
PRIVASI menyangkut hak individu untuk mempertahankan informasi pribadi dari pengaksesan oleh orang lain yang memang tidak diberi izin untuk melakukannya
AKURASI terhadap informasi merupakan faktor yang harus dipenuhi oleh sebuah sistem informasi
Hak cipta adalah hak yang dijamin oleh kekuatan hukum yang melarang penduplikasian kekayaan intelektual tanpa seizin pemegangnya
Paten merupakan bentuk perlindungan terhadap kekayaan intelektual yang paling sulit didapatkan karena hanya akan diberikan pada penemuan-penemuan inovatif dan sangat berguna.
Hukum rahasia perdagangan melindungi kekayaan intelektual melalui lisensi atau kontrak. 

2.  Denial of Service Teknik ini dilaksanakan dengan cara membuat permintaan yang sangat banyak terhadap suatu situs sehingga sistem menjadi macet dan kemudian dengan mencari kelemahan pada sistem si pelaku melakukan serangan terhadap sistem.
 Sniffer  Teknik ini diimplementasikan dengan membuat program yang dapat melacak paket data seseorang ketika paket tersebut melintasi Internet, menangkap password atau menangkap isinya.
Spoofing  Melakukan pemalsuan alamat e-mail atau Web dengan tujuan untuk menjebak pemakai agar memasukkan informasi yang penting seperti password atau nomor kartu kredit 

3.  E-Commerce
-   B2B (Business-to-Business) : Menyatakan penjualan  produk atau jasa yang melibatkan antarperusahaan dan dilakukan dengan sistem otomasi
-   B2C (Business-to-Consumer) : Melibatkan interaksi dan transaksi antara sebuah perusahaan dengan para pelanggan 


4.  Data warehouse adalah basis data yang menyimpan data sekarang dan data masa lalu yang berasal dari berbagai sistem operasional dan sumber yang lain (sumber eksternal) yang menjadi perhatian penting bagi manajemen dalam organisasi dan ditujukan untuk keperluan analisis dan pelaporan manajemen dalam rangka pengambilan keputusan
Data Mart Bagian dari data warehouse yang mendukung kebutuhan pada tingkat departemen atau fungsi bisnis tertentu dalam perusahaan.
OLAP (OnLine Analytical Processing) :Suatu jenis pemrosesan yang memanipulasi dan menganalisa data bervolume besar dari berbagai perspektif (multidimensi).
Data Mining Perangkat lunak yang digunakan untuk menemukan pola-pola tersembunyi maupun hubungan-hubungan yang terdapat dalam basis data yang besar dan menghasilkan aturan-aturan yang digunakan untuk memperkirakan perilaku di masa mendatang 

5.  Kemampuan OLAP
- Konsolidasi melibatkan pengelompokan data. Sebagai contoh kantor-kantor cabang dapat dikelompokkan menurut kota atau bahkan propinsi. Transaksi penjualan dapat ditinjau menurut tahun, triwulan, bulan, dan sebagainya. Kadangkala istilah rollup digunakan untuk menyatakan konsolidasi
- Drill-down adalah suatu bentuk yang merupakan kebalikan dari konsolidasi, yang memungkinkan data yang ringkas dijabarkan menjadi data yang lebih detail
- Slicing and dicing (atau dikenal dengan istilah pivoting) menjabarkan pada kemampuan untuk melihat data dari berbagai sudut pandang
 
6.  Prototipe : Suatu metode dalam pengembangan sistem yang menggunakan pendekatan untuk membuat sesuatu program dengan cepat dan bertahap sehingga segera dapat dievaluasi oleh pemakai
 
7.  CASE Tool (Computer-Aided Software Engineering atau Computer-Assisted Software Engineering): Perangkat lunak yang berguna bagi para pengembang dalam merencanakan, menganalisa, merancang, melakukan pemrograman, dan memelihara sistem sistem informasi

8.  Outsourcing : Menyerahkan pengembangan dan pengoperasian ke pihak luar 

9.  Kelemahan Outsourcing
Kehilangan kendali terhadap sistem dan data karena bisa saja pihak outsourcer menjual data ke pesaing
- Mengurangi keunggulan kompetitif karena pihak outsourcer tidak dapat diharapkan untuk menyediakannya karena juga harus memikirkan klien lain
- Menjadi sangat bergantung pada pihak luar sehingga sangat sulit bagi perusahaan untuk mengambil alih kembali sistem yang sedang berjalan
Kelebihan Outsourcing
-          Perusahaan dapat mengonsentrasikan diri pada bisnis yang ditangani
-          Dapat digunakan untuk meningkatkan kas dalam aset perusahaan karena tak perlu ada aset untuk teknologi informasi
-          Mendapatkan kepakaran yang lebih baik dan teknologi yang lebih maju
-          Lebih menghemat biaya.
-          Menyingkat waktu pengembangan
-          Menghilangkan penyediaan sarana saat beban puncak terjadi (yakni ketika terjadi masa-masa pembeli membanjir) dan cukup melakukan pengeluaran biaya sesuai dengan tambahan layanan yang diberikan oleh pihak luar
-          Memfasilitasi downsizing, sehingga perusahaan tak perlu memikirkan pengurangan pegawai
 
10.  Konversi paralel (parallel conversion) Sistem baru dan sistem lama sama-sama dijalankan. Setelah melalui masa tertentu, jika sistem baru telah bisa diterima untuk menggantikan sistem lamna, maka sistem lama segera dihentikan
Konversi langsung (direct conversion atau direct cutover) Konversi ini dilakukan dengan cara menghentikan sistem lama dan menggantikannya dengan sistem baru
Konversi pilot (pilot conversion) Pendekatan ini dilakukan dengan cara menerapkan sistem baru hanya pada lokasi tertentu yang diperlakukan sebagai pelopor.
Konversi modular atau bertahap (phased conversion) Konversi dilakukan dengan menggantikan suatu bagian dari sistem lama dengan sistem baru

11.  Analisis Kebutuhan : dilakukan untuk menghasilkan spesifikasi kebutuhan (disebut juga spesifikasi fungsional).
Spesifikasi kebutuhan adalah spesifikasi yang rinci tentang hal-hal yang akan dilakukan sistem ketika diimplementasikan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar. . .