berniaga.com adalah situs iklan baris di Indonesia.
yang difokuskan untuk aktivitas jual beli. Penempatan menu sudah sangat baik.
Menu berada di bagian kanan atas, samping kiri dan bawah. Perpaduan warnanya
begitu bagus dan tidak terlalu berlebihan. sehingga kalau dilihat dari segi
estetika terlihat sangat elegan.Website berniaga.com ini jika dilihat dari segi
aspek availability sudah terpenuhi. Hal ini dapat dilihat dari tampilan
utamanya yang menyediakan banyak menu, kolom pencarian dan penggolongan objek
berdasarkan kategori, sehingga lebih memudahkan pengunjung untuk menemukan
barang yang ingin dicari.Website ini sudah cukup memenuhi criteria tersebut.
Contohnya terdapat pada setiap iklan yang dipasang di berniaga.com memiliki deskripsi tentang spesifikasi pada produk tersebut. Sehingga spesifikasi produk-produk yang diposting di berniaga.com dapat terlihat dengan jelas.Dari segi aspek configurability website berniaga.com bersifat semi dynamic, artinya user dapat menentukan dan memodifikasi sendiri tentang iklan yang akan diposting, tetapi tidak dapat melakukan konfigurasi penuh terhadap website tersebut dan sesuai dengan aturan yang berlaku di berniaga.com.Dilihat dari segi tampilannya, website ini sangat konsisten. Terbukti dari design tampilan dan perpaduan warna yang sama di hampir semua bagian menu. Kemudian penggunaan warna yang sesuai dan proporsional serta tidak berlebihan.
Contohnya terdapat pada setiap iklan yang dipasang di berniaga.com memiliki deskripsi tentang spesifikasi pada produk tersebut. Sehingga spesifikasi produk-produk yang diposting di berniaga.com dapat terlihat dengan jelas.Dari segi aspek configurability website berniaga.com bersifat semi dynamic, artinya user dapat menentukan dan memodifikasi sendiri tentang iklan yang akan diposting, tetapi tidak dapat melakukan konfigurasi penuh terhadap website tersebut dan sesuai dengan aturan yang berlaku di berniaga.com.Dilihat dari segi tampilannya, website ini sangat konsisten. Terbukti dari design tampilan dan perpaduan warna yang sama di hampir semua bagian menu. Kemudian penggunaan warna yang sesuai dan proporsional serta tidak berlebihan.
Analisa pengunjung
kita tidak bisa mengetahui secara
pasti pengunjung karena tidak tercantum. Hanya melalui media sosial seperti
facebook yang terlihat menyukai halaman berniaga.com sekitar 500 ribu lebih.
Analisa content/iklan
Diluncurkan di Indonesia pertama
kali pada Desember 2009, hingga kini, berniaga.com telah mencapai peringkat 13
dari situs lokal di Indonesia (berdasarkan versi comScore), dengan lebih dari
220 ribu iklan aktif yang terpasang. Pada tahun 2012 ada lebih 600 ribu iklan
terpasang. terkoneksi juga dengan media sosial.
Dilihat dari sisi GUI (Graphic User Interface), berniaga.com memberikan tampilan yang tidaklah rumit dengan mengarahkan transaksi user untuk melakukan 3 tahapan mudah: Cari lokasi pengguna dan penjual, hubungi penjual, cek barang dan lalu transaksi apabila telah mencapai kesepakatan.

No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar. . .