Apa Teknologi Informasi itu?
•
TI adalah sekumpulan tools yang membantu kerja
kita dengan penyediaan informasi, dan melakukan berbagai tugas yang berhubungan
dengan pengolahan informasi.
•
Bangunan suatu sistem TI (Building Blocks for
An IT System) meliputi sebagai berikut:
An IT System) meliputi sebagai berikut:
–
Piranti Input/Output, digunakan untuk memasukkan
informasi dan memberi perintah serta mengeluarkan hasilnya. Piranti I/O dapat
berupa mouse, keyboard, layar monitor, printer, scanner, dan lain sebagainya.
–
Software, merupakan sekumpulan instruksi yang
dikemas dalam bentuk suatu aplikasi yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu
tugas khusus. Software mencakup aplikasi pengolah kata, penysusunan anggaran,
penggajian, komunikasi, dan lain sebagainya.
Bangunan Suatu Sistem TI
–
Piranti komunikasi yang menghubungkan sistem TI
dengan pengguna di seluruh dunia. Piranti komunikasi meliputi modem, satelit,
kabel koaksial, saluran telepon, dan lain-lain.
–
Mesin pengolah data, yang terdiri atas dua
komponen, yaitu CPU (central processing unit) dan memori internal. CPU
berfungsi mengeksekusi perangkat lunak aplikasi yang dijalankan, sedangkan
memori internal berfungsi sebagai media penyimpan sementara dari program
aplikasi dan informasi
–
Informasi, merupakan obyek yang dikerjakan yang
dapat mengambil berbagai bentuk seperti teks, gambar, audio, video, dan
lain-lain.
–
Piranti penyimpan (storage device),
mempunyai fungsi untuk menyimpan perangkat lunak informasi, data yang akan
diolah dan informasi hasil pengolahan secara permanen. Piranti penyimpan ini
terdiri atas CD-ROM, hard disk, floppy disk, CD ROM, dan lain sebagainya.
–
Manusia, merupakan faktor yang paling penting
dalam sistem informasi. Tanpa manusia yang mempunyai ketrampilan dan keahlian
yang memadai, maka sistem TI tidak akan ada artinya. Namun manusia merupakan
suatu faktor yang kadangkala sangat sulit untuk ditentukan parameternya.
Perangkat Input dan Output
•
Perangkat I/O, berupa interface (antar muka)
secara phisik untuk suatu sistem TI.
•
Perangkat input, membantu kita untuk
meng-capture informasi dan perintah, meliputi mouse, keyboard, bahkan telepon
dan mikrophon untuk berbicara.
•
Perangkat Output, menerima hasil dari permintaan
kita/yang kita kehendaki, meliputi monitor/screen dan printer, speaker untuk
mendengarkan perkataan, musik dll.
Perangkat Lunak / Software
•
Perangkat lunak/software, adalah sekumpulan
instruksi yang dieksekusi oleh CPU untuk menampilkan/melaksanakan sebagian/semua
tugas/pekerjaan tertentu.
•
Software, menyediakan interface intelektual
untuk sistem TI sebab dia merupakan sekumpulan instruksi atau prosedur yang
diikuti oleh CPU untuk melakukan tugas-tugas tertentu yang harus diselesaikan.
Piranti Komunikasi
•
Piranti komunikasi adalah suatu perangkat keras
yang menghubungkan antar sistem TI yang berbeda, yang biasa disebut sebagai
jaringan (network).
•
Piranti komunikasi meliputi stasiun switching
yang mengarahkan dan menghubungkan informasi melalui jaringan komunikasi data
seperti gelombang mikro (microwaves), kabel koaksial, dan fiber optis.
Piranti komunikasi yang sampai ke rumah tinggal umumnya menggunakan jaringan
telepon.
Mesin Pengolah
•
Terdiri atas dua komponen, yaitu central
processing unit (CPU) dan memori internal.
•
CPU merupakan perangkat keras yang mengeksekusi
software untuk melakukan suatu tugas tertentu.
•
CPU bertanggung jawab melakukan seluruh
kalkulasi dan pengolahan informasi dari suatu aplikasi seperti penggajian,
membangkitkan grafik, melakukan perhitungan statistik, dan lain sebagainya.
•
CPU juga merupakan komponen perangkat keras
dalam sistem IT yang bertanggung jawab dalam melakukan koordinasi interaksi
dari seluruh piranti peripheral.
Memori Internal
•
Sementara CPU bekerja, perangkat lunak dan informasi sementara
disimpan dalam memori internal.
•
Memori internal merupakan perangkat keras yang
menyimpan informasi dan perangkat lunak yang sedang dikerjakan/dibutuhkan oleh CPU.
Informasi
•
Informasi merupakan blok bangunan paling penting
dalam sistem IT.
•
Istilah Teknologi Informasi mengimplikasikan
bahwa kita menggunakan teknologi sebagai suatu tools untuk bekerja dengan
informasi.
•
Penting untuk diketahui bagaimana tools kita
(sistem IT) bekerja, demikian pula perlu diketahui bagaimana kita menggunakan
tools untuk bekerja pada informasi. Terdapat dua istilah penting yaitu data dan
informasi.
•
Data adalah suatu fakta yang diketahui dengan
arti tunggal, sedangkan informasi adalah suatu fakta yang diketahui sebagai
hasil dari penyajian/manipulasi data secara lebih berarti. Secara umum,
informasi adalah data yang telah diproses dengan cara tertentu.
•
Terdapat banyak cara untuk mentransformasi data
menjadi informasi, dan sistem IT dapat memberikan sumbangan yang besar.
•
IT merupakan suatu tools yang penting karena
kita menggunakan informasi setiap saat untuk melakukan sesuatu dan membuat
suatu keputusan,
•
Namun demikian, informasi akan berguna hanya
jika mempunyai karakteristik atau kualitas tertentu. Kualitas informasi yang
baik mencakup relevansi, timeliness, completeness, dan akurat.
Kualitas dari Informasi yang Baik
•
Relevance: merupakan karakteristik paling
penting dari informasi yang baik adalah besar relevansi atau keterkaitannya
dengan apa yang akan kita lakukan. Misalkan, jika kita adalah manajer toko
kaset/CD, maka tangga lagu teratas merupakan informasi yang relevan, sedangkan
temperatur terttinggi hari kemarin tidak relevan.
•
Timeliness: seperti juga aset yang lain,
informasi dapat juga ketinggalan/kedaluwarsa. Sering kita mendengah seseorang
berkata :”Jika saja saya mengetahuinya sebelum membuat keputusan”.
•
Completeness: informasi yang lengkap akan
akan memberitahu kita segala sesuatu yang kita perlukan. Contoh sederhana
adalah mencari nilai rerata dari suatu daftar nilai.
•
Accuracy: informasi yang akurat akan
memberitahu kita fakta yang benar, sehingga dalam membuat keputusan juga akan
lebih akurat.
Perangkat Penyimpan (Storage Devices)
•
Storage devices, merupakan komponen perangkat
keras yang akan menyimpan informasi dan perangkat lunak secara permanen.
•
Piranti penyimpan meliputi videotape, CD-ROM,
magnetik disk (floppy disk/disket, hard disk), dan pita magnetik
•
Dipandang dari pengguna sistem IT penyimpanan
informasi merupakan sesuatu yang remeh, namun kita bisa membayangkan bagaimana
suatu hard disk dapat menyimpan ribuan record data dari nasabah bank, yang
setiap record terdiri atas ratusan field, yang harus dapat diakses setiap saat
secara tepat dan cepat. Sebuah CD ROM dapat menyimpan equivalen dengan 300.000
halaman text yang telah dicetak.
Manusia
•
Merupakan blok bangunan paling penting dalam
sistem IT.
•
Manusia sebagai komponen dari sistem IT tidak
hanya sebagai user, namun juga sebagai host dari orang yang lain
•
Orang-orang ini mencakup spesialis IT yang
membangun sistem, orang yang memelihara perangkat keras, dan manajemen IT yang
bertanggung jawab untuk memastikan bahwa organisasi nya mempunyai sistem IT
yang tepat.
Keuntungan Personal dan Teknologi Informasi
•
Setiap orang menginginkan hidupnya sukses.
Penggunaan IT untuk kehidupan personal mencakup penggunaan pengolah kata untuk
menulis laporan, penggunaan software presentasi grafis, dan penggunaan internet
untuk mendapatkan infomasi yang diperlukan.
•
Beberapa kompetensi yang diperlukan
diantaranya:
–
Komunikasi interpersonal- kemampuan untuk
berkomunikasi dengan orang lain, termasuk presentasi dalam grup, interaksi satu
ke dll.
–
Relasi interpersonal- kemampuan untuk
berhubungan dan bekerja dengan orang dalam situasi yang berbeda
–
Pengetahuan bisnis umum – pengetahuan tentang
bagaimana seluruh areal bisnis bekerja.
–
Pengetahuan area bisnis secara spesifik –
pemahaman mnyeluruh atas area keahlian yang spesifik.
–
Penyelesaian masalah – kemampuan untuk
mengenali suatu masalah, menyatakan secara benar, dan mencari kemungkinan
penyelesaian yang terbaik.
–
Fleksibilitas dan adaptifitas – mempunyai
kemauan dan terbuka terhadap perubahan dan mengetahui perlunya perubahan dan
kapan harus berubah.
–
Motor mencapai keuntungan bisnis - menjadi orang yang membuat segala sesuatu
terjadi dalam organisasi sehingga keuntungan bisnis dapat direalisasikan.
•
Yang terakhir adalah pengetahuan tentang TI,
yang tidak hanya mengetahui bagaimana menggunakan IT, tetapi juga mengatahui
kapan harus menggunakan IT dan IT apa yang peling baik untuk situasi tertentu.
Dengan mempunyai pengetahuan IT yang tepat akan dapat membantu meningkatkan
ketrampilan yang lain. Misalnya, kita dapat menggunakan IT untuk membuat
presentasi (komunikasi interpersonal), mempelajari suatu bidang studi
(pengetahuan tentang bisnis secara umum dan spesifik), memutuskan cara terbaik untuk melakukan
investasi(problem solving), mengenali tren pasar dan perubahan yang dibutuhkan
(fleksibilitas dan adaptibilitas), dan melaksanakan pekerjaan secara lebih baik
sehingga bisnis akan berjalan lebih baik (sebagai motor untuk mencapai
keuntungan bisnis).
Keuntungan Bisnis dan IT
•
Selain harus mempunyai kompetensi tertentu atau skill untuk mendapatkan
kentungan personal, demikian juga dalam bisnis diperlukan skill tertentu untuk
dapat bertahan dalam dunia yang sedang berubah dan dapat memimpin persaingan.
•
Dengan melalui IT bisnis dapat mencapai
keuntungan dalam pasar melalui (1) mengerjakan sesuatu dengan benar, (2)
mengerjakan sesuatu yang benar, dan (3) mengerjakan sesuatu yang baru.
•
Skill yang diperlukan adalah efisiensi,
efektifitas, dan inovasi.
Efisien
•
Menjadi efisien berarti mengerjakan
sesuatu dengan cara yang benar- mengejakan sesuatu dengan biaya semurah mungkin
dan dalam waktu sesingkat mungkin.
•
Misalnya pada supermarket dengan melengkapi
bagian counter dengan piranti scanner yang dapat membaca kode batang dari
produk yang dibeli konsumen, discount yang didapat, dll.
•
Ini membutuhkan proses pengecekan yang sangat
cepat dan mengurangi jumlah tenega pengecekan yang dibutuhkan.
Efektif
•
Menjadi efektif berarti mengerjakan
sesuatu yang benar atau membuat keputusan yang benar pada waktu yang tepat
•
Misalnya dengan melengkapi counter dengan scaner
kode batang yang juga dapat mengupdate sistem inventori secara otomatis
•
Dengan demikian manajer dapat segera mengetahui
barang apa saja yang paling laris, dan berapa stok setiap barang.
Inovasi
•
Inovasi berarti melakukan sesuatu yang
baru, menawarkan pelayanan yang baru,
menawarkan produk baru, dan mencari pelanggan baru.
•
Jasa pengiriman parcel yang memanfaatkan
software, pager-pager digital dll semuanya merupakan contoh inovasi yang
dihasilkan dalam sebuah keuntungan bisnis.
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar. . .